Home / Uncategorized / UEA Akan Bangun Gunung Buatan | Mancanegara

UEA Akan Bangun Gunung Buatan | Mancanegara

Pemerintah Uni Emirat Arab mempunyai rencana untuk membuat sebuah gunung buatan manusia untuk  upaya meningkatkan tingkat curah hujan di  negeri yang cukup kering tersebut. Memang selama beberapa tahun belakangan ini, cuaca di Timur Tengah kian panas sehingga menyebabkan banyak sungai mengering,harga kebutuhan pangan semakin mahal karena gagalnya panen.

Dan untuk yang bertugas menliti dampak gunung buatan pada efek perubahan suhu,apakah juga berpengaruh terhadap peningkatan curah hujan adalah Para ilmuwan dari University Corporation of Atmospheric Research (UCAR). Yang dipimpin oleh ilmuwan Roelof Bruintjes juga dari UCAR. Proyek ini sediri memakan biaya sebesar 270.000 poundsterling atau sama dengan sekitar 5,2 miliar rupiah.

“Pada dasarnya yang kita lakukan adalah meniliti, Apakah tipe gunung, kemirinagan lerengnya juga tinggi dari sebuah gunung , mempunyai pengaruh terhadap cuaca di sekitarnya,” tegas Bruintjes. “Laporan tahap pertama untuk  proyek ini akan kami berikan pada musim panas depan sebagai bentuk langkah awal,” imbuhnya.

Sesuai dengan data yang diambil dari pemerintah UEA, tahun kemarin Pusat Meteorologi dan Seismologi negara tesebut menelan dana lebih dari Rp 7 miliar digunakan untuk membuat cuaca serta hujan buatan.

About admin