Home / Uncategorized / Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia Belum Merata

Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia Belum Merata

Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia Belum Merata  -Sekurang-kurangnya lumrah apabila ada kecemasan masalah pemerataan ekonomi di Indonesia. Pasalnya, walau ekonomi Indonesia tumbuh cukup tinggi diatas 5%, tetapi cuma menumpuk di lokasi Jakarta, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, serta Tangerang.

Ke empat lokasi itu memegang jumlah ekonomi terbesar. Bahkan juga porsinya kian lebih 1/5 dari Product Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada 2015 yang meraih Rp 11. 540, 8 triliun.

” Jadi ini telah konsentrasi ekonomi yang sangat tinggi, ” kata Menteri Rencana Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Bambang Brodjonegoro, pada detikFinance, Selasa (9/5/2017).

Bambang bercerita, saat jadi di tahap Sekolah Basic (SD), 10 kota paling besar Indonesia demikian gampang dihafal, yakni salah satunya Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Semarang, Makassar, Palembang, serta yang lain.

Tetapi beberapa puluh th. berselang, waktu Bambang masuk ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu), nyatanya telah ada pergantian mencolok. Ada penambahan kota besar, tetapi datang dari lokasi di sekitaran Jakarta.

” Jadi ini telah konsentrasi ekonomi yang sangat tinggi, ” terangnya.

Memanglah dimaklumi, kota-kota besar itu lahir karna ada mekanisme pasar. Walau demikian semestinya, pemerintah dapat memerankan supaya ekonomi itu menebar ke daerah lain. Terutama ke luar Jawa.

” Konsentrasi ekonomi kita maklum kalau yaitu market mechanism. Dimana juga bakal berlangsung, namun penimbunan seperti itu, bahkan juga banyak daerah diluar Jawa yang ketinggal kan tidak cocok, ” tutur Bambang.

” Jadi Jakarta-nya lebih 16%, serta saat ini 1/5 ekonomi Indonesia itu bebannya telah sangat berat, ” tukasnya.

About admin