Penyebab Mundurnya Pelantikan Presiden

Waktu pelantikan Joko Widodo serta Ma’ruf Amin berubah menjadi Presiden serta Wakil Presiden 2019-2024 kembali berganti walaupun akan diadakan pada 20 Oktober 2019. Paling baru, MPR menyebutkan pelantikan bakal diadakan siang.

Pelantikan Jokowi-Ma’ruf awalannya direncanakan pada waktu 10.00 WIB, Minggu (20/10). Akan tetapi, MPR menyampaikan waktunya digeser berubah menjadi sore.

“Saya yakinkan tanggal 20 Oktober. Mengapa diundur dari jam 10.00 WIB berubah menjadi jam 16.00 WIB,” kata Bamsoet dalam rumah dinasnya, Jl Widya Chandra, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019).

Argumen pergesekan waktu ini tidak terlepas dari semangat toleransi. Pelantikan tidak dikerjakan Minggu pagi supaya umat Kristen serta Katolik bisa ibadah terlebih dulu.

“Sebab kita mau supaya saudara-saudara kita memberikan peluang dapat ibadah paginya,” katanya.

Argumen lain, MPR tak mau mengganggu orang yg olahraga di car free day. Dikarenakan, nanti bakal ada penutupan jalan protokol buat dilalui tamu-tamu negara.

“Kita tak mau mengganggu orang yg mau car free day di jalan pokok sebab awalnya gagasannya ada penutupan jalan sebab ada tamu-tamu kepala negara teman akrab yg datang, perdana mentri, presiden, raja, itu bakal datang pada waktu pelantikan. Jadi bila pagi, maka mengganggu orang kita yg olahraga,” tutur Bamsoet.