Motor Mogok Bisa Di Selamatkan Dengan Sabun Colek

Jakarta – Untuk menghindar kebocoran oli pada mesin, mesin motor membutuhkan paking/gasket. Tetapi, kadang-kadang usia paking tidak dapat diperkirakan, hingga oli bocor serta paking mesti ditukar.

Bila waktu menginginkan ganti paking di bengkel darurat, tetapi lem paking habis. Anda dapat memakai sabun colek jadi bahan alternatif yang berperan jadi pengganti lem paking blok.

Umumnya di bengkel-bengkel paking blok ditempel dengan lem paking, tetapi bila tak ada, sabun colek dapat jadi alternatif dalam keadaan darurat.

” Bila gunakan sabun colek waktu penting saja, janganlah bebrapa seringkali juga. Serta bila gunakan itu, struktur sabunnya yang agak padat atau keras, janganlah yang sangat cair, ” kata Opik sebagai yang memiliki bengkel Mustika Motor di Kramat Jati

Menurut dia, sabun colek dapat digunakan di daerah mesin karna waktu terserang suhu panas, sabun colek juga akan mengeras serta semakin kuat untuk pemampatannya.

Tetapi sabun colek juga masih tetap mempunyai kekurangan yakni air.

” Janganlah gunakan sabun colek waktu musim hujan, karna sabun colek juga akan berhubungan dengan paking, kelak kompresi dapat bocor sekali lagi, ” tuturnya.

Beberapa yang memiliki motor sering mengeluh karna di bagian mesin tampak seringkali kotor. Nyatanya, kotoran yang melekat di mesin dikarenakan rembesan oli yang kebocoran.

Menurut Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong, Asep Suherman, oli bocor atau rembes umumnya karna sisi paking atau gasket durability sudah habis.