Home / Berita Umum / Mortir Diduga Sisa Perang Dunia ke-2 Ditemukan di Dompu

Mortir Diduga Sisa Perang Dunia ke-2 Ditemukan di Dompu

Mortir Diduga Sisa Perang Dunia ke-2 Ditemukan di Dompu – Seseorang penduduk Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), R. Ikbal Hamidun (38), dengan cara tidak berencana mendapatkan sebuah peluru mortil yang masih tetap aktif. Dikira peluru itu adalah bekas dari Perang Dunia ke II.

Ikbal awalannya tidak memahami benda yang dalam keadaan udah berkarat itu yaitu peluru aktif. Kala itu, dia tengah berburu burung di rimba gunung Teka Ati, Mangge Asi, yang gak jauh dari tempat tinggalnya.

” Saya tengah mencari burung yang jatuh di semak-semak. Mendadak saya mendapatkan peluru itu yang agak terkubur ke tanah. Saya tidak mengerti kalaupun itu peluru masih tetap aktif, ” papar Ikbal kala menyerahkan peluru itu ke Polisi, Senin (24/09/2018) malam.

Ikbal yang tidak mengerti masalah peluru itu pernah menyimpan di tempat tinggalnya saat satu minggu sebelum selanjutnya diserahkan ke polisi.

” Saya kuatir berlangsung apa-apa. Takutnya meledak sendiri, lebih baik saya berikan ke Polisi, ” pungkasnya.

Kasubag Humas Polres Dompu, Iptu Suhatta menuturkan, peluru mortil itu dikira kuat yaitu peluru bekas dari Perang Dunia ke II. Karenanya tempat penemuan adalah jalan pilihan pada penduduk Dompu serta Bima saat perang dunia ke II berjalan.

” Barang berbentuk peluru mortil itu dikira ketinggalan bekas perang dunia ke II, ” jelasnya.

Sehabis dijalankan penelusuran oleh Brimob Subden 3 Detasemen A Polda NTB Dompu, peluru itu dinyatakan masih tetap aktif. Sekarang benda bersejarah itu sudah disimpan di Mako Brimob.

About admin