Home / Uncategorized / Krisis Dalam Laut China Selatan | Mancanegara

Krisis Dalam Laut China Selatan | Mancanegara

Rivalitas dalam Laut China Selatan kian bergeser dari soal klaim teritorial menuju sengketa dalam berebut sumber daya alam disana. Dan uniknya bukan hanya soal minyak dan gas kala menjadi ujung perkaranya, namun  ikan serta juga hasil laut disalamnya saat ini.

Tak hanya minyak dan gas kala bakal memicu adanya krisis dalam Laut China Selatan, namun ulah semua nelayan. “Mereka saat ini berpotensi besar akan menyebabkan eskalasi dan bakalan tak akan disangka oleh siapapun,” kata Gregory Poling salah satu pakar maritim dalam tulisan dia di Center for Strategic and International Studies ke harian Foreign Policy.

Poling itu sama sekali bukan sebuah ramalan, namun realita. Dimana baru-baru ini dari kantor berita Associated Press mampu membuka kisah jika adanya seorang nelayan Filipina dengan nama Renato Etac beberapa waktu lalu pernah ditodong senjata pihak aparat penjaga pantai dalam kawasan China.

Meski Renato Etac mengelak dan menyuruh menunjukkan surat penjagaan dia tetap takut, dimana memang sosoknya selalu menangkap ikan dalam kawasan karang itu dan sering bermain kucing-kucingan bersama pasukan penjaga pantai dari China sejauh ini.

About admin