Home / Uncategorized / Alasan Media Kamboja Dilarang Menerbitkan Berita | Mancanegara

Alasan Media Kamboja Dilarang Menerbitkan Berita | Mancanegara

Perdana Menteri dari Kamboja, Hun Sen, saat ini merasa gamang ke pihak media massa dalam negaranya kala mereka tak menulis soal gelar kehormatannya dengan lengkap. Dalam pernyataan Kementerian Informasi dan Media, memang muncul aturan teranyar guna seluruh titel dari Hun Sen kedepan ditulis lengkap kala namanya muncul di sebuah pemberitaan.

“Pemerintah saat ini menyadari sebagian besar media saat ini mulai lupa dalam mencantumkan soald gela dari perdana menteri dan ini harus lengkap serta runtut,” ungkap Phos Sovan, sang juru bicara dari kementerian dalam unggahan Channel News Asia beberapa waktu lalu.

Gelar lengkap sosok orang kuat dari Kamboja tersebut yakni ‘Samdech Akka Moha Sena Padei Techo Prime Minister Hun Sen’. Bukan hanya panjang dalam kenyataannya, maknanya memang sulit kalau diterjemahkan dalam bahasa lain. Tapi intinya soal gelar di bahasa Khmer tersebut punya ari ‘Beliau Sang Dipertuan Agung Pemimpin yang terbesar dan juga panglima tertinggi Hun Sen’. Dan soal gelar wajib ditulis lengkap serta urut.

Kalau nanti ada media massa dari Kamboja kedepan masih saja keliru dalam menulis deretan gelar dari Hun Sen, bakalan akan dapat sanksi dilarang terbit dan semua jurnalis negara itu akan nganggur.

About admin